Dapatkan harga promo rental mobil terbaik di Yogyakarta hanya di "Persada Transport" Hospitality Car Rental & Tour Service. Hubungi kami sekarang juga! Bonus kaos keren untuk pemakaian jasa kami lebih dari 4 hari. Terimakasih...

Goa Tanding Gunungkidul Yogyakarta: Gunungkidul lagi-lagi banyak wisata baru yang selalu bermunculan di kabupaten ini. Memang kabupaten Gunungkidul saat ini baru di buru oleh wisatawan. Seperti belum lama ini kabupaten Gunungkidul meluncurkan wisata alam yang baru dan bahkan sangat keren sekali. Yups namanya Goa Tanding atau Gua Tanding. Goa Tanding ini lokasinya berada di dekat Goa Pindul yang sudah terlebih dahulu terkenal.

Di benak saya Goa Tanding ini sepertinya di buat untuk menandingi Gua Pindul sesuai dengan namanya “Tanding” karena kita tau sendiri Goa Pindul ini begitu ramai pengunjung, terkenal dan menjadi penyedot wisatawan kedua setelah pantai, banyak yang di untungkan dengan ada nya wisata Pindul ini, sampai-sampai tersiar kabar terjadi perselisihan antara Pemkab dan warga masyarakat soal Pindul ini, namun setelah saya telusuri ternyata “Tanding” ini bukan pertandingan atau menandingi Goa Pindul walaupun letaknya berdekatan.

tour wisata jogja, rental mobil jogja, sewa mobil jogja, car rental yogyakarta

Goa Tanding ini terletak di dusun Gelaran II, desa Bejiharjo, kecamatan Karangmojo kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Titik Koordinat GPS Goa Tanding -7.933892,110.651536 . Asal muasal nama Goa Tanding ini ketika ada warga masyarakat Bejiharjo yang ingin membuat sumur air yang bernama Harto Tanding lama kelamaan menggali sumur namun tak kunjung mendapat air yang keluar dan niat mbah Harto Tanding ini ingin menggali semakin dalam Al hasil ketika linggis alat untuk menggali sumur mbah Harto Tanding ini menembus rongga yang berada di perut bumi, dan secara tidak sengaja Goa ini di temukan oleh Mbah Harto bersama keluarganya.

Mulanya Goa Tanding ini tidak ada akses keluar masuk kecuali melewati sumur mbah Harto. Karena situasi gua di dalam tanah ini cukup luas dan melebihi goa Pindul yang sudah lama terkenal akhirnya gua ini di namakan “Gua Tanding” nama Tanding sendiri diambil dari nama mbah Harto Tanding yang menemukan jalan pertama kali menuju goa bawah tanah ini.

Setelah di lakukan penelitian, pemetaan dan juga penggalian lagi Goa Tanding ini memang layak untuk di jadi kan tempat wisata baru yang sejenis dengan goa Pindul, bahkan Goa Tanding ini lebih luas dan lebih panjang dari pada Goa Pindul, jalan masuknya sebelumnya hanya melalui sumur mbah Harto kini sudah di bangun pintu masuk ke Gua Tanding ini sehingga untuk memudahkan akses menikmati indahnya wisata susur air bawah tanah.

Sebelumnya Goa Tanding ini hanya gelap gulita dan kurangnya sirkulasi udara namun sekarang sudah di buat lubang untuk pergantian udara. Selain tidak jauhnya Goa Tanding ini dari Goa Pindul kedepannya Goa ini akan menjadi wisata alternatif baru ketika Goa Pindul membludak pengunjung yang belakangan ini dari satu hari pengunjung Pindul mencapai puluhan ribu wisatawan ketika libur panjang tiba.

Goa Tanding ini sebenarnya masih satu aliran sungai bawah tanah dengan Goa Pindul namun kalau di Goa Pindul hanya bisa di lakukan dengan cave tubing (menyusuri sungai dengan ban dalam) sedangkan untuk di Goa Tanding sendiri bisa memakai perahu karet dan bisa di naiki secara berkelompok.

Goa Tanding ini mempunyai kedalaman air mencapai 4 meter dan tinggi dari permukaan air sampai atap goa mencapai 5 meter sampai 16 meter, sedangkan lebar gua sendiri kurang lebih 4 meter hingga 9 meter sesuai dengan kontur goa dan sangat bervariasi, Goa Tanding ini memiliki panjang atau jarak susur hingga 460 meter wah sangat panjang, luas dan di pastikan kita saat susur sungai tidak akan kepentok batu hehe..

Situasi di dalam goa stalagmit dan stalagtit menjadi hiasan yang begitu menakjubkan ketika kita berada di Goa Tanding ini namun yang masih disayangkan di dalam Goa belum ada penerangan khusus jadi masih sangat gelap karena kita hanya mengandalkan lampu senter saja. Batuan yang kuning keemasan sangat berkilau ini akan menemani kita sepanjang kita menyusuri Goa Tanding ini menggunakan perahu karet yang berisi 6 orang wisatawan.

 

Fasilitas:

Untuk menikmati susur sungai di Goa Tanding ini perlu merogoh uang cukup mahal dari pada di Goa Pindul, karena per orang di kenakan tarif Rp. 250.000 dan lama penyusuran kurang lebih 1jam 30menit, cukup lama bukan selain itu kita mendapatkan fasilitas sebagai berikut:

  • Perahu karet
  • Pemandu wisata per perahu 1 pemandu
  • Perlengkapan keamanan seperti (helm, pelampung,dll)
  • Tempat istirahat seperti gazebo
  • Makan

 

Source: http://www.gunungkidulku.com/2016/06/asal-muasal-goa-tanding-wisata-terbaru.html