pantai depokSebuah pantai bernama pantai Depok yang ada di wilayah selayan Jogja, tepatnya di kabupaten Bantul menyajikan sesuatu yang berbeda dari pantai-pantai lain yang ada di sekitarnya. Pantai depok adalah surganya kuliner laut. Saat sobat licius berkunjung ke Jogjakarta, salah satu yang akan sobat ingat adalah saat sobat menikmati hidangan masakan hasil tangkapan nelayan yang masih segar di warung-warung yang ada di pantai ini. Tambah nikmat karena sambil menyantap kuliner, sobat bisa menikmati hembusan angin dan memandang indahnya ombak. Kali ini wisatalicious akan membahas tentang pantai Depok Jogjakarta.

Pantai Depok ini bisa dibilang temenan sama pantai parangtritis sejak lama. Ibarat kata, kalau ke pantai parangtritis tidak dilanjutkan ke pantai depok, ada yang kurang. Kurang kenyang.

Letak pantai depok ini 1,5 kilometer di barat pantai parangtritis. Pantai Depok secara administratif berlokasi di Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kalau dari pantai parang tritis Tanya saja pada penduduk local. Atau pakai GPS jaman sekarang. Tak ada kendaraan umum dari Pantai paris ke depok, tapi jalan mudah dilalui dengan motor dan mobil.

Harga Tiket Pantai Depok untuk masuk ke pantai depok sobat harus membayar : Satu motor + 2 penumpang : Rp.4.000,- (2013) & Mobil Rp.5.000 + tiket perorangan.

Namun jika sobat dari arah parangtritis sobat tak perlu membayar lagi. Selama perjalanan dari pantai parangtritis ke depok sobat akan menikmati gumuk pasir yang luar biasa keren sob. Sobat akan juga melewati landasan Pacu. Di daerah ini sering diadkan festival layang-layang. Nama Pantai Depok berasal dari kata padepokan. Kisahnya berawal dari runtuhnya jaman kerajaan majapahit, beberapa orang majapahit melarikan diri ke daerah ini dan mendirikan padepokan. Dan lambat laun, nama panti ini menajdi pantai Depok.

Yang unik dari kisah pantai ini adalah aslinya penduduk daerah pantai ini dulunya petani, dan pantai ini dulunya hanya pantai biasa. Hingga tahun 1997 nelayan dari cilacap mendarat di pantai ini membawa hasil laut. Melihat para nelayan keren yang baru saja melaut membawa banyak ikan untuk dijual, membuat warga sekitar lama-kelamaan pingin ikutan. Singkat kata lama-kelamaan pantai depok ini menjadi tempat pelelangan ikan. Hal ini dikarenakan pantai ini cocok untuk mendarat kapal nelayan.

Setelah parkir kendaraan di pantai depok, sobat bisa jalan-jalan sebentar di sekeliling area pantai. Apa yang special buat photo-photo di sini adalah kapal-kapal nelayan yang sedang diparkir di pantai. Kesampaian juga deh berfoto gaya nelayan. Setelah asik berfoto sobat bisa memilih salah satu warung yang menghadap kea rah laut untuk menikmati santap siang. Sumpah enak banget suasana di pantai depok ini buat makan. Cocok banget kuliner lautnya dengan suasana sekitar. Jogja itu bukan cuma gudeg sob. Jogja juga mempunyai suasana makan yang berbeda bernama pantai depok.

 

Tips Berkunjung Di pantai Depok:

Datanglah rame-rame. Makan Sendirian di warung di pantai ini tidak enak sob.
Enaknya renang dulu di pantai parangtritis. Meskipun bisa juga buat berenang, untuk acara bikin kastil pasir lebih enak di paris. Baru setelah laper menuju pantai ini.
Kalau ingin memilih ikan sendiri, sobat perlu googling dulu bagaimana cara memilih ikan yang segar. Secara sederhana ikan atau tangkapan laut yang segar dipilih dengan cara melihat mata dan bau dari ikan tersebut.

Setelah memilih ikan, segera bawalah ikan tersebut ke warung yang berada di sebelahnya agar dimasak sesuai menu yang kalian minta. Jangan berkunjung ke Pantai Depok ini pada hari Selasa Kliwon dan Jumat Kliwon karena para nelayan pada hari itu libur melaut menurut kepercayaan masyarakat setempat. Ga seasik biasanya pada hari ini.

Terakhir, kalau sobat mau pulang dari pantai ini, jangan lupa beli dulu oleh-oleh. Ada beberapa pilihan. Ikan segar, ikan yang sudah dimasak, atau juga peyek-peyekan. Cumin, kalau peyek-peyekan sih mesti beli yang banyak, lo enggak tar habis diemil di jalan.

 

Source : http://wisatalicious.com/pantai-depok-surga-kuliner-laut-di-jogjakarta/

Pin It on Pinterest