Promo Harga Sewa Mobil & Paket Tour Yogyakarta Murah. Ready All Unit: Agya, Ayla, Luxio, Xenia, Avanza, Innova Grand, Innova Reborn, ELF Short, ELF Long, Hiace, Camry, Fortuner, Pajero, Alphard, Medium Bus & Big Bus Pariwisata. Hubungi 25TransWisata Tour and Travel. Dapatkan Penawaran Harga Terbaik Dari Kami!
Booking! Pesan paket sewa mobil maupun tour dengan mudah sekarang juga!

All About Jomblang Cave and Kali Suci River

All About Jomblang Cave and Kali Suci River: Sumuran sedalam 60m dan bergaris tengah 50 meter ini dibentuk oleh pelarutan dan peruntuhan lapisan batu gamping berumur 15 – 20 juta tahun, yang terjadi setelah batu gamping terangkat dari dasar laut sekitar 1,8 juta tahun lalu. Dasar lubang runtuh terhubung dengan lorong mendatar yang berakhir di luwung grubug. Luweng grubug, sumuran tunggal sedalam 90m, merupakan sumuran terdalam di pulau jawa. Fenomena sungai bawah tanah di dasar luweng grubug dan pemandangan kea rah atas sangatlah menakjubkan.

All About Jomblang Cave and Kali Suci River

ESTIMASI BIAYA MASUK WISATA GOA JOMBLANG

Dalam pengelolaan tempat wisata tentunya akan memperhatikan maupun menghitung tentang tarif atau biaya masuk dengan segala faktor teknis maupun non teknis untuk dapat menentukan besarnya tarif/biaya yang harus dibayarkan oleh pengunjung tempat wisata tersebut.

Wisata goa jomblang ini sudah banyak diketahui umum bahwa tarif/biaya masuk termasuk kategori mahal, bahkan beberapa `orang menyebutnya tarif tertinggi se-area pulau jawa. Ya, kami menyebutnya itu adalah “relatif” karena tergantung dari si wisatawan tersebut suka atau tidak, niat atau tidak, minat atau tidak tentang sensasi yang ditawarkan trip goa jomblang ini. Tentunya kami mempertimbangkan maupun menghitung besarnya tarif bukan hanya dari sisi minat tersebut , tetapi banyak faktor lain yang menjadi pertimbangan.

Contoh :

Perhitungan resiko kecelakaan yang besar dalam trip caving tersebut: Maka dari itu kami tidak menyepelekan tentang hal safety/keamanan dalam kegiatan tersebut dengan cara memberikan asuransi kecelakaan maupun melengkapi orang yang terlibat dalam kegiatan tersebut dengan mewajibkan penggunaan peralatan standar keamanan yang telah disediakan oleh pihak pengelola wisata goa jomblang. Perlengkapan tersebut dimiliki khusus oleh pengelola agar tujuan keamanan dapat terpenuhi dan salah satu caranya adalah dengan memperhatikan kualitas dari peralatan tersebut . Tentunya kualitas peralatan yang bagus tersebut berbanding lurus dengan harga bahkan kadang karena kelangkaan salah satu jenis peralatan tersebut, harga menjadi dua kali lipat lebih tinggi.

Selain kualitas peralatan yang bagus, kemampuan crew atau pemandu kegiatan caving juga harus memenuhi standar, salah satunya dengan mengikuti pelatihan-pelatihan teknik pemandu susur goa yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun perorangan.

Pajak yang harus dibayar oleh pengelola terhadap pemerintah: Sebagian Lahan yang saat ini dipakai sebagai wisata alam penyusuran Goa jomblang yang terletak di Dusun Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul Kota Yogyakarta tersebut merupakan tanah milik pemerintah. Dikarenakan itu pula hak pakai atau sewa dikenakan pajak yang besarnya dapat ditentukan oleh fungsi dan luas dari lahan itu sendiri.

Tentunya keputusan iya – tidaknya ada di calon peserta penyusuran goa tersebut. Dengan membayar biaya atau tarif tersebut, otomatis mereka setuju dan memahami mengapa biaya caving di goa jomblang sebesar itu.

All About Jomblang Cave and Kali Suci River

CAVING DI GOA JOMBLANG

Penelusuran goa atau biasa disebut caving adalah salah satu cabang dari kegiatan alam bebas yang kini mulai banyak digemari. Bentang alam Indonesia yang luas dan memiliki berbagai tipe geografi tanah menjadikan wilayah negara ini banyak memiliki goa-goa alami. “Goa adalah setiap ruangan bawah tanah yang dapat dimasuki orang” menurut IUS (International Union of Speleology) tentang definisi dari goa. Sedangkan ilmu yang mempelajari goa beserta lingkungannya dinamakan Speleologi, yang berasa dari kata Yunani yaitu spalion (goa) dan logos (ilmu).

Kegiatan penelusuran goa ( caving ) sering dikaitkan dengan Speleologi yaitu ilmu yang mempelajari bagaimana goa itu terbentuk, mulai dari bentuk fisik, proses alam, sejarah, maupun dari banyak aspek. Penelusuran goa rata-rata dilakukan oleh para pegiat pribadi maupun dari perusahaan untuk tujuan berbagai hal, contoh : pemetaan goa/aliran sungai bawah tanah, mengetahui biota/vegetasi goa, sedimentasi, pendidikan caving atau bahkan wisata. Untuk kegiatan-kegiatan tersebut tentunya membutuhkan berbagai peralatan, persiapan mental maupun fisik untuk menunjang kegiatan caving tersebut, sehingga tujuan dari caving tersebut dapat diperoleh dengan maksimal.

Dalam penelusuran goa diperlukan berbagai pakaian dan peralatan khusus serta teknik-teknik yang baik demi terjaganya keselamatan dan keamanan diri saat melakukan penelusuran gua.

Satu teknik yang wajib dikuasai terutama untuk penelusuran goa vertikal adalah teknik SRT atau Single Rope Technique. SRT ini sangat berguna untuk dapat turun kedasar goa maupun naik ke atas permukaan dengan menggunakan satu tali dan peralatan ascending berupa ascender atau zumar. Namun karena susur goa ini bertema wisata maka teknik tersebut tidak diperlukan karena sudah di seting sedemikian rupa sehingga caver tinggal menikmati saja, tidak perlu bersusah payah bergelantungan di satu tali dengan menahan beban diri sendiri hanya untuk turun ataupun naik goa.

All About Jomblang Cave and Kali Suci River: Goa sendiri secara umum di bagi menjadi 2 jenis / bentuk, yaitu goa vertikal dengan bentuk lubang tegak lurus, dan goa horizontal yang berbentuk lubang mendatar dan memanjang. Sedangkan zona-zona dalam goa antara lain adalah zona terang, senja, gelap dengan suhu berubah-ubah, dan gelap dengan suhu tetap (gelap abadi). Pada daerah terang (biasanya mulut goa) cahaya masih sama dengan di luar goa, zona senja merupakan bagian dalam goa dimana cahaya masih ada namun agak redup seperti cahaya pada senja hari, di zona senja ini tumbuhan pun masih dapat hidup.

Pada zona gelap dengan suhu berubah keadaanya sudah gelap total, namun suhu di sini masih berubah-ubah dipengaruhi cuaca dan keadaan di luar gua, sedangkan zona gelap total merupakan bagian terdalam dari mulut gua dimana suhu di sini selalu sama dan tidak berubah-ubah. Di zona gelap ini hampir mustahil ada tumbuhan hidup. Di goa jomblang ada beberapa spot yang sengaja disajikan dalam keadaan gelap alami, sehingga caver dapat merasakan sensasi mata tidak berfungsi, dimana ketika caver berusaha keras mengoptimalkan indra penglihat, ujung kaki pun tak nampak. Inilah yang dinamakan gelap abadi, sehingga ketenangan saat menghadapi medan/rute seperti ini sangat diperlukan.

Sangat menarik jika membahas tentang goa, bagaimana sebuah goa terbentuk, ada apa didalamnya, bagaimana medan untuk memasukinya dan lain lain. Akan dibahas di artikel berikutnya.

Goa sendiri secara umum dibagi menjadi dua kelompok yaitu goa alami dan goa buatan dengan ukuran bagaimana proses terjadinya goa terbentuk, tentunya goa alami dibentuk secara alami oleh alam seperti amblesnya tanah, pengikisan oleh air secara terus menerus, pergeseran lempengan bumi, dan penggerusan magma gunung berapi sehingga membentuk lorong atau lubang ke dalam tanah/batu. Goa buatan yaitu goa yg dibentuk bukan oleh alam seperti kegiatan pertambangan maupun kegiatan yang sedemikian rupa dengan campur tangan manusia ( mesin ) sehingga membentuk lubang atau lorong kedalam tanah/batu.

Di Gunungkidul sendiri banyak terdapat goa alami maupun buatan dikarenakan daerah tersebut memiliki kekayaan batuan kapur yang luar biasa dan banyak mengandung mineral sehingga banyak penambang yg melakukan penambangan sehingga akan menjadi goa. Aliran sungai bawah tanah pun banyak menunjang proses terbentuknya goa alami, perlahan mengikis batuan yang dilaluinya, membentuk lorong-lorong, menjalar di dalam tanah, alur yang naik turun sehingga tanah batuan diatas lorong tersebut sangat mudah runtuh atau ambles membentuk lubang ( luweng ). Seperti contoh goa tanding di area goa pindul desa bejiharjo yg merupakan goa buatan dengan ditemukanya lorong aliran sungai bawah tanah melalui tangan manusia melakukan pengeboran untuk membuat sumur.

Goa alami sendiri terbagi menjadi dua kelompok, yaitu goa kering dan goa basah. Goa kering yaitu goa yang tidak terdapat aliran air dan sebaliknya. Dari pengelompokan tersebut dapat diprediksi bagaimana goa itu terbentuk dan bagaimana prosesnya sehingga keterangan seperti kejadian alam, bentuk fisik, sejarah dari goa tersebut dapat dijadikan factor pendukung.

Salah satu kegiatan alam bebas ini pun sangat erat hubunganya dengan alam dan tentunya akan bersentuhan langsung dengan kondisi alami lingkungan goa seperti tanah becek, tumbuh – tumbuhan maupun hewan liar, medan yang naik turun, serta bebatuan terjal. Namun baru – baru ini banyak para pengunjung yang salah tujuan, dari yang tidak mau kotor, takut ketinggian, takut gelap, mudah capek maupun hal lainya yang seharusnya hal ini sudah dipertimbangkan sebelumnya saat mengetahui bahwa akan melakukan kegiatan caving.

Peraturan yang sangat penting untuk diingat dan dikerjakan saat kegiatan caving dilakukan,

Take nothing but picture ( tidak mengambil apapun kecuali gambar), leave nothing but footprints ( tidak meninggalkan sesuatu kecuali jejak kaki ), Kill nothing but time ( tidak membunuh sesuatu kecuali waktu ).

All About Jomblang Cave and Kali Suci River

TERBENTUKNYA GOA JOMBLANG

Proses terbentuknya goa secara alami murni membutuhkan kejadian alam seperti aliran air, konstruksi dan kandungan mineral bebatuan, lava gunung berapi dan bencana alam. Semua kejadian alam itu secara umum dibentuk oleh alam itu sendiri sehingga tangan manusia tak pernah ikut serta dalam proses alami tersebut.

Aliran arus air, resapan dan deburan ombak menjadi factor terbesar dalam proses terbentuknya goa alami di area gunungkidul Yogyakarta. Proses aliran sungai bawah tanah menekan dinding – dinding tanah bebatuan di dalam perut bumi, memilih celah – celah yang konstruksi batuanya lebih mudah ditembus, membentuk lorong – lorong yang menjalar di perut bumi secara perlahan terus menerus hingga lorong tersebut semakin besar dan membesar. Begitupun resapan air dari permukaan tanah seperti halnya proses pembentukan goa dari aliran sungai bawah tanah, terjadi secara terus menerus dan berlangsung lama. Hal inilah yang paling utama dari proses terbentuknya stalagmite dan stalagtit yaitu resapan air dari atas goa yang membawa mineral batu, meresap hingga menembus langit – langit atas goa, menetes ke dasar goa secara terus menerus, hingga mineral batu yang di bawa air tersebut mengendap membentuk gunungan atau ornament goa.

Aliran lava cair yang panas dari gunung berapi juga dapat membentuk sebuah goa, turun dari atas gunung mengalir ke lembah sehingga permukaan paling atas lava tersebut telah terlebih dahulu kering dan mengeras sehingga cairan lava dibawah nya masih mengalir terus turun kebawah, membentuk sebuah lorong yang di sebut goa. Salah satu factor utama dari proses terbentuknya goa secara alami di pinggir pantai ialah Deburan ombak di pinggir pantai mengakibatkan abrasi, menghantam bebatuan, secara terus menerus mengikis batu hingga menjorok kedalam dan membentuk goa.

Rongga yang terbentuk atas aliran sungai bawah tanah membuat kondisi tanah di atas goa rawan untuk ambles. Dengan bencana alam seperti gempa bumi tentu saja itu akan mudah saja membuat tanah diatas lorong – lorong sungai bawah tanah itu ambles kebawah. Lorong – lorong yang dahulunya tidak terlihat dari permukaan tanah, dengan proses amblesnya tanah itu membuat lorong itu terlihat dari permukaan tanah, itulah yang disebut goa yang terbentuk secara bencana alam.

Proses terbentuknya goa secara alami murni membutuhkan kejadian alam seperti aliran air, konstruksi dan kandungan mineral bebatuan, lava gunung berapi dan bencana alam. Semua kejadian alam itu secara umum dibentuk oleh alam itu sendiri sehingga tangan manusia tak pernah ikut serta dalam proses alami tersebut.

Aliran arus air, resapan dan deburan ombak menjadi factor terbesar dalam proses terbentuknya goa alami di area gunungkidul Yogyakarta. Proses aliran sungai bawah tanah menekan dinding – dinding tanah bebatuan di dalam perut bumi, memilih celah – celah yang konstruksi batuanya lebih mudah ditembus, membentuk lorong – lorong yang menjalar di perut bumi secara perlahan terus menerus hingga lorong tersebut semakin besar dan membesar. Begitupun resapan air dari permukaan tanah seperti halnya proses pembentukan goa dari aliran sungai bawah tanah, terjadi secara terus menerus dan berlangsung lama. Hal inilah yang paling utama dari proses terbentuknya stalagmite dan stalagtit yaitu resapan air dari atas goa yang membawa mineral batu, meresap hingga menembus langit – langit atas goa, menetes ke dasar goa secara terus menerus, hingga mineral batu yang di bawa air tersebut mengendap membentuk gunungan atau ornament goa.

Aliran lava cair yang panas dari gunung berapi juga dapat membentuk sebuah goa, turun dari atas gunung mengalir ke lembah sehingga permukaan paling atas lava tersebut telah terlebih dahulu kering dan mengeras sehingga cairan lava dibawah nya masih mengalir terus turun kebawah, membentuk sebuah lorong yang di sebut goa. Salah satu factor utama dari proses terbentuknya goa secara alami di pinggir pantai ialah Deburan ombak di pinggir pantai mengakibatkan abrasi, menghantam bebatuan, secara terus menerus mengikis batu hingga menjorok kedalam dan membentuk goa.

Rongga yang terbentuk atas aliran sungai bawah tanah membuat kondisi tanah di atas goa rawan untuk ambles. Dengan bencana alam seperti gempa bumi tentu saja itu akan mudah saja membuat tanah diatas lorong – lorong sungai bawah tanah itu ambles kebawah. Lorong – lorong yang dahulunya tidak terlihat dari permukaan tanah, dengan proses amblesnya tanah itu membuat lorong itu terlihat dari permukaan tanah, itulah yang disebut goa yang terbentuk secara bencana alam.

All About Jomblang Cave and Kali Suci River

PERSIAPAN KE GOA JOMBLANG

Persiapan sebelum pergi ke goa jomblang ini sangat penting dikarenakan banyak peserta caving yang datang dengan tanpa mengetahui bagaimana kegiatan caving itu maupun situasi dan kondisi lingkungan di goa jomblang.
Seperti yang sudah dibahas di artikel sebelumnya tentang kegiatan caving di goa jomblang, ini akan lebih mengkhususkan persiapan barang yg diperlukan sebelum memulai perjalanan ke goa jomblang sehingga akan lebih efisien dalam membawanya, diantaranya adalah :

1. Pakaian

Gunakan pakaian yg simple dan siap kotor, contoh celana jeans pendek dan kaos.
Kondisi trek di dalam goa agak sedikit berlumpur apalagi saat musim penghujan, kedalaman lumpur bervariasi antara 1-5cm sehingga sangat disarankan membawa pakaian ganti.

Untuk alas kaki di trip goa jomblang sudah dimasuk an kedalam paket trip tersebut, sehingga cukup membawa sepatu/sandal saja. Namun jika peserta caving ingin menggunakan sepatu miliknya sendiri tidak masalah dengan konsekuensi kotor oleh lumpur atau rusak karena terkena batu.

Untuk menggunakan pakaian yang berlebihan seperti gaun, atau celana pendek yang mudah robek sangat tidak disarankan dikarenakan untuk proses turun menggunakan body hardness dan tubuh diikatkan pada tali sehingga pakaian yang berlebih akan mengganggu tujuan safety dari peralatan tersebut maupun perjalanan dalam menelusuri goa.

2. Kaos kaki

Ini sifatnya optional karena tujuan menggunakan kaos kaki ini adalah untuk memberi kenyamanan pada telapak kaki, dikarenakan sepatu yang di berikan oleh pengelola goa jomblang dengan ukuran terbatas untuk beberapa orang saja,
contoh : ukuran sepatu anda 25cm sedangkan jumlah sepatu boot yang dimiliki pengelola dengan ukuran tersebut hanya berjumlah 5 pasang, dan itupun telah habis dipakai oleh peserta lain dengan terpaksa peserta caving harus menggunakan ukuran sepatu diatas 25cm, sehingga sepatu boot itu akan lebih longgar bila dipakai dan dapat membuat telapak kaki lecet. Penggunaan kaos kaki akan meminimalisir terjadinya lecet atau terluka tersebut.

3. Kamera

Sangat berharganya sekali mengabadikan momen pemandangan di luar maupun di dalam goa.
Walaupun di goa jomblang ada jasa tukang foto, namun itu hanya bisa memotret peserta di luar goa dan itupun akan dijual berupa cetakan foto.

4. Senter

Kondisi trek untuk menuju ke “cahaya surga” sangat gelap, sehingga senter digunakan sebagai alat bantu penerangan berjalan. Pemandu penelusuran goa memang sudah membawa senter, namun jika anda ingin membawa sendiri juga tak masalah.

5. Lotion anti nyamuk

Bagi peserta yang kurang nyaman karena gangguan nyamuk, dapat menggunakan lotion anti nyamuk karena kondisi di luar goa adalah hutan. Hutan adalah tempat habitat nyamuk.

6. Tas ransel kecil

Berfungsi sebagai kantong penyimpanan property peserta seperti camera, minuman kemasan, senter, sampah dari botol minuman yang anda bawa dan yang lain sebagainya.

All About Jomblang Cave and Kali Suci River

KONDISI JALAN MASUK KE GOA JOMBLANG

Hal pertama yang tampak terasa ketika memasuki jalan masuk ke jomblang adalah terjal bebatuan, dimana batu dan tanah menjadi satu satunya penopang kendaraan sehingga ketika melewati jalan ini akan terasa layaknya sedang offroad. Kondisi jalan terjal dan sempit membuat perasaan bercampur aduk lebih lebih ketika berpapasan dengan kendaraan lain lawan arah maupun petani yang sedang memanggul panen hasil bumi, harus saling berbagi jalan, menyadari bahwa ini secara tidak langsung belajar berbagi dan bersabar.

Inilah satu satunya jalan masuk termudah untuk ke goa jomblang, dengan berbagai resiko kendaraan rusak karena terkena batu. Sangat berhati hati ketika melewati jalan ini terlebih lebih saat musim hujan, menjadi licin dan becek. Sangat disarankan untuk memakai kendaraan agak tinggi bukan sedan karena sudah ada di pikiran bagaimana jadinya jika mobil rusak ditengah hutan.

Kondisi ini membuat berbagai macam argument dan penilaian, tergantung kondisi hati saat ingin pergi ke jomblang. Jomblang menawarkan wisata outdoor dengan kegiatan penelusuran goa dan keindahan alam alami selayaknya hutan, bukan wisata outdoor dengan sajian gedung-gedung tinggi selayaknya kota dengan jalanan aspal halus lengkap dengan berbagai toko serba ada. Di jomblang tidak ada toko untuk memenuhi semua kebutuhanmu! hanya ada pohon dan batu yang jadi tawaran wisata minat khusus ini, sehingga perlengkapan seperti baju ganti, makanan kecil, minuman ringan lebih baik membawa sendiri sebelum menuju ke jomblang.

Saat ini karena kondisi wisatawan semakin meningkat, dan masyarakat lokal kesulitan tentang pembagian jalan, maka pelebaran jalan sangat dibutuhkan dan saat ini awal September 2016 di mulai pengerjaan pelebaran jalan dimaksudkan agar petani lokal masih memiliki ruang jalan yang lega untuk menuju ke ladang, begitupun wisatawan juga tidak akan kesulitan berbagi jalan ketika berpapasan dengan petani maupun kendaraan lawan arah.

Hal pertama yang tampak terasa ketika memasuki jalan masuk ke jomblang adalah terjal bebatuan, dimana batu dan tanah menjadi satu satunya penopang kendaraan sehingga ketika melewati jalan ini akan terasa layaknya sedang offroad. Kondisi jalan terjal dan sempit membuat perasaan bercampur aduk lebih lebih ketika berpapasan dengan kendaraan lain lawan arah maupun petani yang sedang memanggul panen hasil bumi, harus saling berbagi jalan, menyadari bahwa ini secara tidak langsung belajar berbagi dan bersabar.

Inilah satu satunya jalan masuk termudah untuk ke goa jomblang, dengan berbagai resiko kendaraan rusak karena terkena batu. Sangat berhati hati ketika melewati jalan ini terlebih lebih saat musim hujan, menjadi licin dan becek. Sangat disarankan untuk memakai kendaraan agak tinggi bukan sedan karena sudah ada di pikiran bagaimana jadinya jika mobil rusak ditengah hutan.

Kondisi ini membuat berbagai macam argument dan penilaian, tergantung kondisi hati saat ingin pergi ke jomblang. Jomblang menawarkan wisata outdoor dengan kegiatan penelusuran goa dan keindahan alam alami selayaknya hutan, bukan wisata outdoor dengan sajian gedung-gedung tinggi selayaknya kota dengan jalanan aspal halus lengkap dengan berbagai toko serba ada. Di jomblang tidak ada toko untuk memenuhi semua kebutuhanmu! hanya ada pohon dan batu yang jadi tawaran wisata minat khusus ini, sehingga perlengkapan seperti baju ganti, makanan kecil, minuman ringan lebih baik membawa sendiri sebelum menuju ke jomblang.

Saat ini karena kondisi wisatawan semakin meningkat, dan masyarakat lokal kesulitan tentang pembagian jalan, maka pelebaran jalan sangat dibutuhkan dan saat ini awal September 2016 di mulai pengerjaan pelebaran jalan dimaksudkan agar petani lokal masih memiliki ruang jalan yang lega untuk menuju ke ladang, begitupun wisatawan juga tidak akan kesulitan berbagi jalan ketika berpapasan dengan petani maupun kendaraan lawan arah.

HUBUNGI KAMI JIKA ANDA MEMBUTUHKAN TRANSPORTASI KE GOA JOMBLANG ATAU RESERVASI. CONTACT US!

Leave a Reply